Macam macam majas serta pengertiannya Bahasa Buku · Post

Diposting pada

Macam macam majas serta pengertiannya – Materi pelajaran Bahasa Indonesia yang tersedia dalam kurikulum lama ataupun yang sekarang sedang berlaku benar-benar tidak sedikit,  salah satunya yaitu majas. Majas adalah materi yang tidak jarang kami temukan mulai dari Jenjang pendidikan SD, SMP, sampai tingkat SMA/SMK.  majas adalah gaya bahasa, lebih lengkapnya majas adalah gaya bahasa indah yang dipakai untuk mempercantik susunan kalimat yang berfungsi untuk mendapatkan efek tertentu supaya tercipta sebuah kesan imajinatif bagi penyimak alias pendengarnya, baik dengan cara lisan maupun tertulis. Perihal istilah majas dalam pelajaran bahasa Indonesia lumayan tidak sedikit,  semacam halnya yang tersedia dalam puisi, pantun,karya sastra araupun karya tulis lainnya.

Selain itu, ada juga yang mendefinsikanmajas sebagai kegunaaan gaya bahasa untuk mendapatkan nuansa tertentu jadi menciptakan kesan kata kata yang lebih imajinatif, oleh karna itu kalimat Bahaa Indonesia yang tersedia kalimat majas bakal tampak angat tidak sama dengan kalimat kalimat lain pada umumnya. Oleh karna itu sangat dibutuhkan mendalami lebih dalam salah satu materi Bahasa Indonesia disekolah ini.  Gaya bahasa yang baik serta hebat pasti bakal membikin pembaca berminat untuk membacanya, begitu juga dengan pendengar bakal lebih berminat untuk mendengarkan bahkan berulang ulang kali.
Macam-macam majas

Secara garis besar majas bisa digolongkan menjadi empat kelompok.

Dari empat macam majas tersebut, masing masing mempunyai turunan yang bakal kami jelaskan satu persatu. Majas terdiri atas :

  1.     Majas Perbandingan
  2.     Majas Permengenaian
  3.     Majas Sindiran
  4.     Majas Penegasan
  • Majas Perbandingan
Majas perbandingan adalah kata berkias yang menyebutkan sebuahperbandingan untuk meninggalkan  kesan serta juga pengaruh tertentu kepada pendengar ataupun pembaca, apabila kami lihat dari tutorial pengambilan perbandingannya, majas perbandingan bisa dibagi menjadi :
  • Asosiasi alias Permisalnyaan
Majas Asosiasi alias Permisalnyaan adalah perbandingan antara dua faktor yang pada hakikatnya tidak sama, tetapi sengaja dianggap sama. Majas ini ditandai oleh pemakaian kata bagai, bagaikan, semisalnya, semacam, serta laksana.
  • Metafora
Majas Metafora adalah gaya bahasa yang mengungkapkan dengan cara langsung berupa perbandingan analogis. kelompok kata yang dipakai bukan dalam pengertian yang sebetulnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan alias perbandingan. Semacam kata buah tangan dalam kalimat, “Tuti mengangkat buah tangan yang telah ditunggu oleh sang adik”. Dapun contoh contoh lain sebagai berikut :
  • Personifikas
Majas Personifikasi adalah majas yang membanding bandingkan benda tidak bernyawa seakan bakal mempunyai sifat semacam manusia.
  • Alegori
Majas Alegori adalah menyebutkan dengan tutorial lain, dengan melewati kiasan alias fotoan.

Pada umumnya alegori memuat cerita dengan symbol-simbol bermuatan moral.

  • Simbolik
Simbolik adalah majas yang melukiskan sesuatu dengan

mempergunakan benda, binatang, alias flora sebagai simbol alias lambang.

  •     Metonimia
Majas metonimia adalah yang memakai ciri alias lebel dari benda untuk menggantikan benda tersebut. Pengungkapn tersebut berupa pemakaian nama untuk benda lain yang adalah merk alias cirri khas.
  • Sinekdok
  1. Yang menyebutkan tahap untuk menggantikan benda dengan cara keseluruhan sebaliknya.
  2. Majas ini terbagi menjadi dua :
  3. Sinekdok Pars pro toto
  4. Yaitu menyebutkan sebagian untuk keseluruhan.
  5. Majas Totem pro parte
  6. Menyebutkan untuk keseluruhan tahap
Simile:

Pengungkapan dengan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan kata depan serta penghubung, semacam layaknya, bagaikan, ” misalnya”, “ibarat”,”bak”, bagai”

    Majas Permengenaian

Majas Permengenaian adalah “Kata-kata berkias yang menyebutkan permengenaian dengan yang dimaksud oleh penulis sebetulnya dengan tujuan untuk memperhebat serta menguatkan pengaruh pada pembaca alias pendengarnya.

Berikut macam macam majas permengenaian :

  • Antitesis
majas yang mempergunakan pasangan kata yang tidak sama alias berlawanan dengan pengertian sesungguhnya.
  •  Majas Paradoks
Pengungkapn dua situasi yang seolh oleh bermengenaian, tetapi pada dasarnya keduanya benar.
  •  Majas Hiperbola
Pernyataan yang berlebihan dari sebetulnya dengan tujuan untukmemberbagi kesan mendalam serta mencuri perhatian.
  • Majas Lito

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.