Struktur Dan Manfaat Sel Darah Putih Leukosit Pada Manusia

Diposting pada
Struktur Dan Manfaat Sel Darah Putih Leukosit Pada Manusia – Kawan – kawan tubuh kami mempunyai tak sedikit tutorial untuk mencegah kuman, , bakteri alias virus menginfeksi sel dalam tubuh kita.   Tubuh kami mempunyai seperti pertahanan kepada mikroorganisme yang bisa mendatangkan suatu  penyakit. Pertahanan yang kami maksud yaitu sel darah putih (leukosit) yang tersedia di dalam tubuh kita. Tetapi taukah anda struktur dari sel darah putuh ? dan tau juga kah anda tentang apa itu manfaat dari sel darah putih (leukosit) di dalam tubuh kami ? Nah untuk mengenalnya  pada peluang hari ini kami bakal mendalami struktur dan manfaat sel darah putih (leukosit) pada manusia. Saya bakal memberikannya dengan cara jelas. Mungkin tak sedikit di antara kami yang belum mengenal tentang materi yang bakal kami bahas ini. Untuk itu saya bakal memberikannya supaya kami semua mengenal dengan cara menyeluruh. Untuk mengenalnya simak baik – baik materi yang bakal saya berikan di bawah ini, Berikut penjelasannya.
Struktur Sel Darah Putih (Leukosit)

Adapun karakteristik dari sel darah putih, sebagai berikut :

Mempunyai inti sel jadi sanggup bersi kukuh nasib selagi berbulan – bulan.

Tidak mengandung hemoglobin jadi tak berwarna merah

Mempunyai ukuran lebih besar dari eritrosit

Berdasarkan karakteristik sitoplasmanya sel darah putih bisa di bagi menjadi dua yaitu granulosit dan agranulosit.

    Granulosit

Adalah sel darah putih yang sitoplasmanya bergranula. Granuloit terdiri dari neutrofil, eosinofil, dan basofil.

  • Neutrofil adalah sel darah putih yang granulanya menyerap zat warna yang bersifat netral. Neutrofil mempunyai manfaat memakan kuman penyakit , umpama bakteri.
  • Eosinofil adalah sel darah putih yang granulanya menyerap zat warna yang bersifat asam. Eosinofil bermanfaat untuk mengatasai tipe – tipe penyakit sebab alergi.
  • Basofil adalah sel darah putih yang granulanya menyerap zat warna yang bersifat basa. Basofil bisa menghasilkan haperin yang bermanfaat di dalam proses pembekuan darah.

Agranulosit adalah sekumpulan sel darah putih yang sitoplasmanya tak bergrabula. Agranulosit terdiri dari limfosit dan monosit. Limfosit tak bisa bergerak dan mempunyai manfaat untuk membentuk antibody yang mempunyai peeran sebagai penjaga kekebalan tubuh. Sedangakan monosit bisa bergerak dan mempunyai sifat fogosit.
Manfaat Sel Darah Putih (Leukosit)

Leukosit mempunyai manfaat sebagai berikut :

  1. Menghancurkan kuman penyakit dan zat asing dengan cara fagositosis.
  2. Mengangkut lemak dan menghasilakn histamin. Histamin adalah zat yang berperan di dalam timbulnya alergi.
  3. Bisa membekuk penyakit yang berada di luar darah dengan menembus keluar dinding kapiler dan masuk ke dalam jaringan yang menyimpan zat asing tersebut.
  4. Mempunyai performa untuk bereproduksi alias mempertidak sedikit sel, menyintesis protein, dan meperbuat respirasi dengan cara aerobik (memakai oksigen) . faktor ini bisa menunjang keperluan leukosit yang mempunyai metabolisme tinggi di dalam perlawanan infeksi.

Struktur Dan Manfaat Sel Darah Putih Leukosit Pada Manusia – Nah kawan – kawan bagaimana dengan penjelasan di atas ? apakah telah bisa di pahami ? saya harap apa yang telah saya berikan mudah untuk di pagamai, dan mudah untuk di pelajari, jadi apa yang telah saya berikan bisa memudahkan kawan – kawan dalam menyelesaikan tugas – tugas sekolah, dan juga bisa menjadi referensi, dan harapannya tulisan ini bisa berguna bagi kami semua. Dan pastinya berguna juga bagi saya supaya saya masih bisa memberikan pengetahuan – pengetahuan lainnya.  Dan demikian penjelasan tentang Struktur dan manfaat sel darah putih leukosit pada manusia , terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.