Struktur Paru – Paru, Manfaat, Serta Tutorial Kerja Paru

Diposting pada

Struktur Paru – Paru, Manfaat, Serta Tutorial Kerja Paru – Paru – Kawan – kawan pada peluang hari ini saya bakal membagi pengetahuan tetap dalam materi biologi yaitu mengenai struktur paru – paru , manfaat paru – paru serta juga tutorial kerja paru – paru, mungkin juga sebagian dari anda telah mendalami mengenai paru – paru, namun mungkin ada diantara kami yang belum mendalami alias belum mengerti mengenai struktur paru – paru , manfaat beserta tutorial kerjanya, untuk itu kawan – kawan saya bakal membagi pengetahuan mengenai paru – paru dengan cara lengkap, berikut penjelasannya.
STRUKTUR  PARU – PARU

Paru – paru adalah salah satu organ pada saluran napas bawah pada sistem pernapasan manusia. Berikut organ dalam pernapasan :

    Trakea

Traka adalah saluran napas bawah yang adalah lanjutan dari laring, yang bermanfaat untuk mendampingi udara menuju ke pulmountuk mengalami proses difusi. Yang terletak di mediastinum ( daerah kompertemen yang berada di tengah di antara dua rongga paru di regio thoraks )   tahap dari superior serta terdiri dari tracheal ring yang di bentuk oleh kartilago alias tulang rawan.  Serta menempati tahap tengah leher. tracheal ring berbentuk lingkaran cincin yang tak sempurna yang menyerupai huruf C yang tahap ujung – ujungya terbuka serta tahap belakang di hubungkan oleh otot polos ( musculus trachealis ) serta juga terletak dibagian anterior ( depan ) dari esophagus ( saluran makan )

    Bronkus

Bronkus adalah lanjutan dari trakea yang adalah saluran konduksi udara serta juga sebagai tempat difusi oksigen –  karbon dioksida di ujung terminal di tahap yang langsung berkaitan dengan alveolus.

Bronkus principalis ( bronkus primer ) terdiri dari bronkus principalis ( yang bakal menuju ke pulmo dekstra ) serta juga bronkus principalis sinistra ( yang bakal menuju ke pilmo sinistra.

    Alveolus

Unit manfaatonal paru – paru adalah kantung udara kecil yang timbul dari bronkiolus yang di sebut dengan alveoli.  Manfaat dasar dari alveoli adalah sebagai pertukaran gas. Struktur alveoli adalah tempat dimana pertukaran gas selagi respirasi berlangsung. Struktur ini di kelilingi oleh kapiler yang mengangkat darah. Alveoli mulai bermanfaat ketika kami mnghirup udara melewati celah hidung.  Udara bakal melewati rute yang panjang yang terdiri dari beberapa organ dari sistem pernapasan. Organ – organ ini tergolong ke dalam saluran hidung, faring, laring, trakea, bronkus utama, saluran bronkial kecil, bronkiolus serta akhirnya mencapai alveolus yang melewati kantung udara kecil. Udara mengandung oksigen yang di serap oleh darah yang mengalir melewati kapiler. Kemudian oksigen ini disemakinkan ke sistem  peredaran darah, jadi menyelesaikan siklus pertukaran gas.
FUNGSI PARU – PARU

Paru – paru bermanfaat sebagai perukaran gas antara darah serta juga atmosfer, pertukaran gas mempunyai tujuan untuk menyediakan oksigen bagi jaringan serta mengeluaran karbon dioksida.  Udara yang masuk ke paru – paru melewati sistem yang berupa pipa yang menyempit ( bronchi serta bronkiolus ) yang mempunyai cabang di kedua belah paru – paru mutlak ( trachea ) . pipa tersebut bakal beres pada gelembung – gelembung paru – paru ( alveoli ) yang adalah kantong udara yang terbaru dimana darah mengalir. Pernapasan juga bisa di bagi menjadi empat mekanime, yaitu :

  1. Ventilasi : proses masuk serta keluarnya udara alias oksigen antara alveoli serta atmosfer.
  2. Difusi : proses perpindahan oksigen dari alveoli ke dalam pembulu darah serta juga berlaku sebaliknya untuk karbon dioksida.
  3. Transport : proses perpindahan dari paru – paru ke jaringan serta juga dari jaringan ke paru – paru dengan di bantu oleh ajaran darah.
  4. Pengaturan ventilasi

CARA KERJA PARU – PARU

Ketika manusia menghirup udara, maka dengan cara perlahan udara bakal masuk ke dalam paru – paru, serta saat udara tersebut hingga di bronkus , maka oksigen telah siap untuk masuk menuju saluran paru – paru, oksigen tersebut bakal mengalami proses difusi di dalam pembuluh darah yang berbentuk kapiler – kapiler ateri yang tersedia di dalam alveolus. Serta di dalam alveolus inilah bakal akan terjadi pertukaran oksigen dengan karbon dioksida,dimana oksigen bakal di ikat oleh hemoglobin yang ada dalam sel darah merah untuk kemudian bakal di salurkan ke dalam saluran sel yang ada pada tubuh. Serta karbondioksida bakal di bawa oleh kapiler vena yang bakal menuju alveolus untuk kemudian di semakinkan serta bakal di keluarkan ketika saat kami mengeluarkan alias menghembuskan nafas.

Struktur Paru – Paru, Manfaat, Serta Tutorial Kerja Paru – Paru – Demikian kawan – kawan penjelasan mengenai Struktur paru – paru, manfaat, serta tutorial kerja paru – paru, semoga apa yang telah saya bagiakan bisa menolong kawan – kawan dalam menyelesaikan tugas serta juga berguna bagi kami semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.