Pengertian Contoh Dan Ciri – ciri Esai

Diposting pada
Pengertian Esai
Esai yaitu sebuahkarangan yang mengulas sebuahpersoalan alias konflik dengan cara sekilas dari sudut pandang pribadi penulisnya. Dalam penulisan sebuah esai wajiblah dibekali dengan opini yang bersifat argumentatif. Selain sebuah opini yang wajib kami lengkapi dalam sebuah esai, kitapun wajib memberbagi fakta yang logis dan bisa dipahami supaya tidak ada kesan bahwa esai yang kami buat adalah esai dari imajinasi alias gambaran sang pengarang saja. Pemakaiaan fakta yang mendukung berfungsi supaya pembaca lebih yakin mengenai sudut pandang yang dituliskan dalam esai.
Tersedia beberapa cirri-ciri esai. Berikut adalah beberapa ciri-ciri esai :
Berbentuk prosa, artinya memakai bentuk komunikasi biasa dan memakai bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca.
Singkat, artinya bisa dibaca dengan cepat tetapi santai dalam waktu yang tidak lama.
Mempunyai gaya tulisan yang perbeda, artinya setiap penulis tentunya mempunyai gaya yang tidak sama dengan penulis lain dalam mengekspresikan tulisannya.
Tidak utuh, artinya penulis rutin memilih sisi yang hebat dari objek maupun subjek yang bakal ditulis.
Memenuhi kebutuhan penulis.
Bersifat individu.
Langkah-langkah dalam pembuatan esai :

Menentukan tema. Dalam menentukan tema alias pembahasan, kami wajib mencari sebuah tema yang hebat alias sedang diperbincangkan oleh masyarakat kurang lebih. Sebab dengan pemilihan tema yang hebat maka bakal mengajak pembaca untuk membaca esai yang kami buat.
Supaya tulisan alias esai yang kami buat selain dianggap sebagai imajinasi alias gambaran pengarang saja, kami wajib meyediakan fakta-fakta yang logis supaya pembaca dengan tulisan yang kami buat.
Membikin outline. Seusai ide-ide sudah terkumpul, langkah selanjutnya yaitu membikin outline alias kerangka esai. Kegunaaan dari kerangka esai yaitu untuk menjaga supaya ide yang sudah kami kumpulkan lebih rapi.
Menulis esai.
Ada beberapa tipe esai yaitu :
-esai contoh. Adalah sebuahesai yang di dalamnya mengulas contoh-contoh yang authentic sebagai pembahasan utamanya.
-esai perbandingan. Adalah sebuahesai yang disampaikan dengan membandingkan dengan objek lain.
-esai proses. Adalah esai yang mengulas mengenai terjadinya sesuatu.
-esai sebab-akibat. Adalah esai yang menganalisis mengenai sebuahsebab akibat terjadinya sesuatu.
Contoh esai.
Cara Menjaga Kesehatan
Menjadi sehat adalah faktor yang sangat baik. Sehat adalah sesuatu yang wajib kami jaga, sebab tanpa adanya kesehatan kami tidak bisa meperbuat apapun. Faktor ini dikarenakan  kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting di dalam sudut kenasiban manusia.  Meskipun kami mempunyai kekayaan yang sangat melimpah, faktor itu tidak berarti apa – apa apabila kami terbaring di atas tempat tidur. Bahkan ada sebagian orang yang rela bayar berapapun untuk menjadi sehat kembali. Orang rela menghabiskan harta kekayaannya demi bisa memperoleh sehat. Oleh sebab itu, orang – orang meperbuat beberapa macam tutorial untuk menjaga tubuh mereka masih sehat. Tetapi, dalam prakteknya tidak rutin yang mereka perbuat itu benar.  Tidak jarang mereka malah tidak jarang membahayakan diri sendiri, meskipun mereka mengenal bahwa  tutorial mereka itu salah. Tetapi jangan khawatir, berikut ini ada beberapa saran sederhana, yang bakal menolong Kamu untuk menjaga kesehatan Anda.
Untuk menjaga tubuh masih sehat. Pertama ingatlah bahwa kami wajib menjaga asupan nutrisi yang lumayan memainkan peran penting di sini. Apa yang kami makan sehari-hari mendukung kesehatan tubuh kita. Tidak sedikit makanan siap saji yang malah membikin kami terserang penyakit. Oleh sebab itu, sangat penting bagi tubuh untuk memakan makanan yang sehat. Makanan yang kaya bakal vitamin alamiah bisa menjadi solusi yang paling baik. Ada tidak sedikit vitamin bernilai tinggi yang bisa ditemukan dalam sayuran segar, sayuran organik dan buah-buahan segar. Jadi, Kamu wajib memasukkan sayuran dan buah-buahan dalam makanan sehari-hari Anda. Sayuran sangat berguna baik untuk orang dewasa, maupun anak-anak. Apabila Kamu tidak makan –  makanan yang bergizi, maka tubuh Kamu bakal lemah, dan mudah terserang penyakit.
Hal penting kedua yang wajib Kamu perbuat adalah olahraga dengan cara teratur. Kamu ini tidak butuh berolahraga yang berat di sebuah tempat olahraga khusus. Kamu hanya butuh menghabiskan lebih tidak sedikit waktu di luar dan bergerak aktif. Sangat penting untuk menjaga tubuh masih bergerak supaya menjaga tubuh kami kuat dan sehat, dan juga menyegarkan pikiran. Bila Kamu tidak berolahraga, maka lemak dalam tubuh bakal menumpuk. Akibatnya, Kamu bakal terkena obesitas yang sangat kurang baik bagi kesehatan.
Disamping itu, faktor penting lain yang wajib Kamu perbuat adalah menghindari merokok dan minum minuman keras. Faktor ini dikarenakan kebiasaan tersebut mempunyai akibat yang kurang baik bagi tubuh. Apabila Kamu melalaikan saran ini, maka Kamu bakal berada dalam persoalan besar.
Oleh sebab itu, kesehatan benar-benar penting bagi kenasiban. Faktor ini dikarenakan kesehatan adalah sebuah hidayah yang sangat mudah untuk menghancurkannya, dan sangat susah bahkan tidak mungkin untuk memperolehnya kembali. Jadi, lebih baik kami menjaga kesehatan sebelum sakit menyerang, dengan tutorial memakan makan yang bergizi, berolahraga dan menjauhi rokok dan alkohol.
Pengertian Esai Dan Contoh Pendek – Arti esai dan contoh pendek – Ini tadi adalah sekilas pembahasan kami mengenai arti esai dan contoh singkatnya. Semoga bisa memberbagi kegunaaan bagi kami semua dan semoga bisa menolong anda dalam mengerjakan tugas yang berhubungan dengan esai. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.