Pengertian Sol Padat Lengkap

Diposting pada
Sol padat disebut juga dengan paduan logam. 3 contoh sol padat adalah paduan besi (alloy), intan hitam, baja, tanah, kaca, serta lumpur. Sol padat ialah tipe koloid dengan zat fase padat terdispersi dalam zat fase padat. Contoh:’ besi paduan, kaca berwama, intan hitam, serta baja. Koloid adalah sebuahcampuran zat heterogen antara dua zat alias lebih di mana ppostingan-ppostingan zat yang berkapasitas koloid tersebar merata dalam zat lain.

Ukuran koloid berkisar antara 1-100 nm ( 10-7 – 10-5 cm ). Sistem koloid adalah sebuahbentuk campuran yang kondisinya terletak antara larutan serta suspensi (campuran kasar). Sistem koloid ini memiliki sifat-sifat khas yang tak sama dari sifat larutan alias suspensi.
Contoh koloid dalam kenasiban kami adalah getah karet. Getah karet dihasilkan dari pohon karet alias hevea. Getah karet adalah sol, yaitu dispersi koloid fase padat dalam cairan. Karet alam adalah zat padat yang molekulnya sangat besar (polimer). Ppostingan karet alam terdispersi sebagai ppostingan koloid dalam sol  getah karet. Untuk memperoleh karetnya, getah karet wajib dikoagulasikan supaya karet menggumpal serta terpisah dari medium pendispersinya. Untuk mengkoagulasikan getah  karet, biasanya dipakai asam formiat;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.