Sebutkan contoh gelombang elektromagnetik

Diposting pada
Getaran yang merambat adalah suatu  gelombang. Berdasarkan pada medium perambatannya dikenal dua istilah gelombang yakni gelombang mekanik serta gelombang elektromagnetik. Sebutkan penegrtian serta contoh gelombang mekanik? Contoh gelombang mekanik adalah gelombang tali, gelombang permukaan air, serta gelombang bunyi.  Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium untuk merambatnya.
Sedangkan gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang merambat tanpa memerlukan medium, contohnya gelombang cahaya. Pemecahan gelombang tidak hanya berdasarkan pada medium perambatannya, ada juga tipe gelombang berdasarkan arah getar serta rambatnya. Berdasarkan arah getar serta rambatnya, tersedia dua tipe gelombang yaitu gelombang longitudinal serta gelombang transversal.

Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarannya sejajar dengan arah rambatnya, contohnya gelombang bunyi. Sedangkan gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatnya. Contohnya gelombang tali serta gelombang cahaya.
Kegunaaan serta penerapan gelombang bunyi dalam teknologi. Dalam perkembangan dunia pengetahuan kini ini, gelombang Bunyi bisa dikegunaaankan dalam beberapa kebutuhan penelitian. Di bidang kelautan umpama untuk mengukur kedalaman laut, di bidang industri umpama untuk mengenal cacat yang terjadi pada benda-benda hasil produksinya, di bidang pertanian untuk menambah nilai hasil pertanian, serta di bidang kedokteran bisa dipakai untuk terapi adanya penyakit dalam organ tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.