Unsur – Unsur Dalam Drama (Intrinsik Dan Ekstrinsik lengkap dengn contoh

Diposting pada
Dari SD kami telah di ajarkan mengenai drama, bahkan praktik dramapun telah tidak jarang yaa, tetapi kawan – kawan sudh mengertikah mengenai unsure – unsure drama intipssik dan ekstrisik, nah apabila anda ada yang belum mengerti hari ini bakal saya jelaskan dengan cara lengkap, tetapi sebelum kami langsung ke unsure – unsurnya ada baiknya apabila kami ketahui dulu apa itu drama. Nah untuk itu langsung saja saya jelaskan , berikut penjelasannya.
Pengertian Drama
Drama adalah seni pertunjukan yang menampilkan alias mementaskan aksi peran yang melewati media televise, bioskop dan lain – lain. Pertunjukan drama saat ini terus berkembang seiring dengan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Drama disaapabilan dengan tujuan untuk mengibr para penonton dan member nasihat – nasihat alias moral yang di hinggakan melewati serangkain adegan – adegan dari sebuah drama. Drama yang di mainkan bisa berupa sebuahkisah masa lalu alias sejarah yang sengaja di mainkan dengan tujuan untuk mengenang masa lalu. Tidak hanya itu juga drama bisa berupa cerita tidak nyata alias fiksi , yang di hasilakn dari pemikiran pengarang alias sutradara. Untuk menciptakan sesuatu yang apik dan hebat ada berbagai unsure yang wajib kami ketahui usur ini sangat penting untuk kami perhatikan dalam membikin sebuahdrama. Unsure – unsure berikut adalah.
Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik
Unsur Intrinsik
Unsur Intrinsik adalah unsure yang membangun sebuahdrama. Bisa dikatakan bahwa unsure ini adalah komponen yang tersedia di dalam unsure drama , dan adalah bagian – bagian yang membangun sebuahdrama.  Adapun komponen – komponen yang membangun sebuahdrama yang tersedia pada unsure Intrinsik dalah sebagai berikut :
Judul
Judul adalah nama dari drama, baik itu dalam faktor apapun, dalam sebuahkarya seni judul sangat mempunyai peran penting untuk memperlihatkan isi cerita dengan cara sigkat. Tidak hanya itu dengan melihat judul kami bisa mengenal berbagai faktor alias jalan cerita dari sebuahdrama. Judul juga bisa memperlihatkan tokoh mutlak dalam drama tersebut , alur cerita dan juga lainnya.
Tema
Tema adalah keseluruhan dari cerita yang di buat sebagai tema adalah ide pokok yang menjadi ide dasar alias pokok mutlak dari drama. Bisa di kataka tema sebagai akar pada suau drama, dengan bertolakan dengan tema unsure instrinsik drama di kembangan dari karangan sedemikian mengikuti tema yang telah di tentukan.
Plot
Plot alias laur di sebut dengan jalan cerita yang telah di susun sedemikian rupa dari bagianan momen – momen jadi bisa membentuk rangkain cerita.
Tokoh cerita alias perwatakan
Tokoh cerita adalah individu – individu yang memainkan oeran, yang terlibat pada sebuahkonflik alias cerita pada sebuahdrama.

Dialog
Dilog adalah serangkaian perbincangan dari sebuah cerita . teknik obrolan ini sangat penting dalam sebuah cerita masing – masing tokoh sangat dikuatkan dengan obrolan yang di ucapkan dan dengan mimic wajahnya.
Konflik
Konflik adalah persoalan , pertingkaian, permengenaian yang terjadi pada sbuah drama, konflik ini terjadi pada tokoh pemeran mutlak yang di bantu dengan tokoh penunjang . setiap drama alias cerita tentu mempunyai konflik yang tidak sama – beda.
Latar alias seting
Latar alias seting adalah tempat di mana terjadinya sebuah momen pada cerita yang berjalan dalam alur cerita. Tidak hanya itu latar juga mencangkup peralatan, waktu, pakaian, budaya, dan dengan apa yang berhubungan pada tokoh dalam sebuah cerita.
Amanat
Amanat dalam sebuah cerita yaitu memberi tau pesan – pesan moral terhadap seluruh penonton , amanat ini di hinggakan dengan cara tersirat yaitu tidak tertulis dalam naskah tetapi bisa diambil dalam alur , konflik cerita. Amanat adalah bagian paling penting yang tidak boleh di lupakan dalam pembuatan sebuahcerita.
Bahasa
Bahasa yang di gunakan dalam sebuah drama mempunyai kekhasan yang mengacu pada budaya, social budaya, kenasiban sehari – hari dan juga pendidikan. Bahasa di gunakan untuk mengnasibkan cerita, supaya cerita senantiasa komunikatif.
Unsur Ekstrinsik
Unsur Ekstrinsik merupaka unsur yang datang dari luar tetapi mempengaruhi sebuah cerita yang di saapabilan. Yang artinya unsure – unsure Ekstrinsik tidak terlibat dalam sebuah jalannya cerita. Tetapi kehadiran unsure Ekstrinsik sangat mempengaruhi perkembangan sebuah cerita. Oleh sebab itu , bisa di jumpai permasalahan sebuah drama yang terbengkalai di sebabkan oleh factor ini. Yang adalah unsure Ekstrinsik dalam sebuah drama adalah :
Faktor Ekonomi
Faktor politik
Faktor social – budaya
Faktor pendidikan
Faktor kesehatan
Faktor psikologis pemain dan kru
Kebijakan pemerintah , dan lain sebagainya.
Unsur – Unsur Dalam Drama (Intrinsik Dan Ekstrinsik) – Demikianlah kawan – kawan penjelasan lengkap mengenai Unsur – unsur dalam drama (intrinsik dan ekstrinsik), semoga apa yang telah saya jelasakn di atas bisa menolong anda dalam menyelesaikan sebuahtugas dan bisa berguna bagi kami semua, masih setia membaca postingan – postingan yang bakal datang sebab dengan membaca ilmu kami bakal bertambah dan juga pengetahuan terus luas. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.