Contoh Pendahuluan Terlengkap untuk Kamu yang Ingin Membuat Makalah

Diposting pada
Makalah terdiri dari bagian-bagian yang tersusun dengan rapi. Hal ini dikarenakan makalah atau laporan memiliki susunan yang sistematis.  Namun secara garis besar, sistematika penulisan makalah terdiri dari 3 bagian pokok, yakni bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir. Pada setiap bagian tersebut mempunyai beberapa bagian lagi akan tetapi dalam artikel ini kita hanya fokus untuk membahas bagaimana cara membuat pendahuluan dalam makalah beserta contoh pendahuluannya.
Sebelumnya kita juga sudah pernah membahas daftar isi, kata pengantar, dan contoh susunan makalah yang baik dan benar itu seperti apa. Dalam artikel ini kita akan coba sharing beberapa pendahuluan seperti contoh pendahuluan makalah, contoh pendahuluan laporan, contoh pendahuluan karya ilmiah, dan contoh pendahuluan skripsi.
Isi Artikel [Tampilkan]
Contoh Pendahuluan Makalah yang Baik dan Benar
1.1 Latar Belakang
Tumbuh kembang remaja pada zaman ini sudah tidak bisa dibanggakan. Kenakalan remaja yang semakin meningkat akhir-akhir ini sudah pada taraf tindakan kriminalitas yang dampaknya tidak hanya untuk pelaku saja melainkan pada korban. Akan tetapi mencakup aspek sosial dan lingkungan yang diantaranya adalah pemerkosaan, tawuran, penggunaan narkoba, pengerusakan fasilitas umum, dan yang lainnya.
Remaja yang seharus menjadi generasi penerus bangsa kini tidak bisa menjadi jaminan untuk kemajuan Bangsa dan Negara. Bahkan penurunan karakter dan mental cenderung meningkat.
Hal ini sangat di sayangkan karena tidak menutup kemungkinan 20 tahun yang akan datang negara ini akan miskin akan sosok-sosok pemimpin yang kreatif, intelek, dan berakhlak.
Para remaja saat ini dengan mudahnya melakukan perubahan sosial dan budaya dengan mengadopsi budaya luar tanpa adanya filter. Meningkatnya kenakalan remaja merupakan salah satu dampak dari media informasi dan penggunaan smartphone yang tidak di awasi serta program televisi yang dinilai kurang memberikan nilai edukatif untuk remaja.
Permasalahan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab orang tua saja melainkan lembaga pendidikan juga memiliki tanggung jawab yang sama untuk membimbing dan memperbaiki perilaku remaja sehingga permasalahan ini tidak berlarut-larut tanpa adanya usaha untuk membinanya.
1.2 Rumusan Masala
Penulis telah menyusun beberapa poin yang akan dibahas dalam makalah ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :
Apa pengertian kenakalan remaja ?
Apa penyebab dari kenakalan remaja ?
Bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja ?
1.3 Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat, maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
Memahami arti atau definisi dari kenakalan remaja.
Mengetahui penyebab dari kenakalan remaja.
Menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi dan memperbaiki karakter dan mental remaja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.